Latar belakang penelitian yaitu Guru kurang bervariasi dalam menentukan model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 205 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang berjumlah 30 orang siswa dan siswa kelas VII.4 yang berjumlah 30 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung < ttabel dan diterima Ha apabila t hitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung 5,094 > 1,683. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Rambah tahun pembelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024