Latar belakang penelitian ini adalah masalah kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS tingkat SMP di se Kecamatan Rambah. Informan penelitian yang digunakan berjumlah 7 orang dengan teknik purposive sampling. Kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu kurangnya ketersediaan sumber daya (fasilitas, wifi, referensi, kurangnya tersedia infratruktur dan teknologi), kurangnya pemahaman para guru karena perangkat pembelajaran yang berubah, keterbatasan siswa yang kurang aktif dalam penerimaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar, keterbatasan saran dan prasarana, manajemen waktu yang kurang maksimal sehingga membuat tidak efesiennya proses penerapan kurikulum merdeka belajar. Dikecamatan Rambah terdapat 14 sekolah menengah pertama, 2 sekolah yang baru menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu SMPN 1 Rambah dan SMPN 2 Rambah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024