Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 4 No. 02 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education

KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP SEKECAMATAN RAMBAH

Hardana, Anggitia (Unknown)
Hardianto, Hardianto (Unknown)
Aida, Welven (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS tingkat SMP di se Kecamatan Rambah. Informan penelitian yang digunakan berjumlah 7 orang dengan teknik purposive sampling. Kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu kurangnya ketersediaan sumber daya (fasilitas, wifi, referensi, kurangnya tersedia infratruktur dan teknologi), kurangnya pemahaman para guru karena perangkat pembelajaran yang berubah, keterbatasan siswa yang kurang aktif dalam penerimaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar, keterbatasan saran dan prasarana, manajemen waktu yang kurang maksimal sehingga membuat tidak efesiennya proses penerapan kurikulum merdeka belajar. Dikecamatan Rambah terdapat 14 sekolah menengah pertama, 2 sekolah yang baru menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu SMPN 1 Rambah dan SMPN 2 Rambah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...