Journal of Education Research
Vol. 6 No. 1 (2025)

Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa

Wasilah, Zainul (Unknown)
Widiyanah, Ima (Unknown)
Trihantoyo, Syunu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital dalam meningkatkan minat baca. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital menawarkan potensi besar untuk meningkatkan minat baca siswa dengan memberikan akses yang lebih mudah, fleksibel, dan menarik melalui teknologi. Transformasi perpustakaan konvensional ke digital memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber bacaan secara online, memperkaya pengalaman belajar mereka di luar ruang kelas. Yang membedakan kajian ini dari penelitian sebelumnya adalah fokus pada strategi spesifik untuk mengoptimalkan manajemen perpustakaan digital di sekolah, seperti pemanfaatan teknologi berbasis AI untuk rekomendasi bacaan, integrasi dengan platform pembelajaran, dan penyediaan akses inklusif bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan komunitas dalam menciptakan ekosistem literasi digital yang berkelanjutan. Strategi manajemen yang efektif, seperti pengadaan koleksi yang relevan dengan kebutuhan siswa dan penggunaan fitur interaktif seperti gamifikasi, dapat lebih memotivasi siswa untuk membaca secara mandiri. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup perlunya investasi dalam teknologi digital di sekolah, penyusunan kebijakan yang mendukung pengelolaan perpustakaan digital, serta program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital siswa dan pengelola. Dengan demikian, transformasi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keberlanjutan pendidikan dan literasi di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...