GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 2 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di TKIT Cobig

Basrah, Emmy Novita (Unknown)
Muharram, Muharram (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)
Herlina, Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak Di TKIT Cobig dengan menggunakan experiential learning. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dan menggunakan desain Non-equivalent Kontrol Group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 anak didik usia 5-6 tahun dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uj independent.Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi anak usia dini sebelum dan setelah penerapan metode direct instruction pada kelompok kontrol; 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi anak usia dini sebelum dan setelah penerapan experiential learning pada kelompok eksperimen; 3) untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model experiential learning dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Berdasarkan hasil uji hipotesis sesudah pemberian perlakuan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai tertinggi pada saat pretest pada kelompok eksperimen sebesar 21, sedangkan pada posttest sebesar 28 dan pada kelompok kontrol nilai terendah sebesar 14 dan nilai tertinggi sebesar 21. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model experiential learning terhadap kemampuan literasi anak usia dini di TKIT Cobig.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...