Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan metode Glenn Doman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan menggunakan desain Non-equivalent Kontrol Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 anak didik dengan Teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji statistik non parametrik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis data terdapat perbedaan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diterapkan metode Glenn Doman. (2) hasil penerapan metode Glenn Doman, kemampuan awal literasi kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol. Namun setelah metode Glenn Doman diterapkan, ternyata terjadi peningkatan skor kemampuan literasi yang signifikan pada kelompok eksperimen (3) Ada pengaruh penerapan metode Glenn Doman terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Izhar Cendekia Makassar. Artinya, penerapan metode Glenn Doman dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh nilai H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variable X (Metode Glenn Doman) berpengaruh terhadap variable Y (kemampuan literasi).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024