Balanced Scorecard (BSC) adalah alat manajemen yang komprehensif dan terintegrasi yang dapat membantu sekolah mengelola sumber daya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan BSC dalam menilai kinerja di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, sekolah berhasil mengelola anggaran secara ekonomis dengan menggunakan 95% dari anggaran yang dialokasikan tanpa mengurangi kualitas output. Efektivitas pengelolaan anggaran juga tinggi, mencapai 95% meskipun efisiensi anggaran perlu ditingkatkan karena tidak ada penghematan yang signifikan dengan angka efisiensinya 100%.  Tingkat kepuasan orang tua sangat tinggi, mencapai 96,6%. Kinerja bisnis internal mencapai 83%, sementara hasil pembelajaran dan pertumbuhan sangat baik dengan skor 85,6%. Implementasi BSC membantu sekolah mencapai hasil yang baik dalam berbagai aspek kinerja, namun efisiensi anggaran masih perlu ditingkatkan. Diharapkan perencanaan, pengawasan, dan implementasi strategi yang berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja sekolah di masa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024