PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 2 No 4 (2024): NOVEMBER

ANALISIS PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NU WAHID HASYIM TALANG TEGAL

Fatah, Abdul (Unknown)
Saepudin (Unknown)
Zahra Aulia, Febria (Unknown)
Andini, Ayu (Unknown)
Armita Sari, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA NU Wahid Hasyim Talang Tegal. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara mendalam dengan guru PAI dan siswa, serta analisis dokumen terkait program pembinaan kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Nilai-nilai agama yang diajarkan dalam mata pelajaran PAI, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan hormat kepada guru dan sesama, menjadi fondasi bagi pembentukan karakter siswa yang disiplin. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dibimbing oleh guru PAI juga berkontribusi dalam membentuk perilaku siswa yang lebih disiplin. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi guru PAI dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa, seperti kurangnya dukungan dari pihak sekolah, terbatasnya waktu mengajar, dan kurangnya variasi metode pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...