Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan langkah-langkah pengembangan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III di SDN Uma Beringin; 2) Menghasilkan tingkat kelayakan penggunaan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III di SDN Uma Beringin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, and Dessiminate). Penelitian ini dilakukan di SDN Uma Beringin. Subjek dalam penelitian ini yaitu 9 siswa kelas III SDN Uma Beringin untuk uji coba terbatas dan 21 siswa kelas III SDN Uma Beringin untuk uji coba lapangan. Data diperoleh melalui lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan media berupa video pembelajaran interakif pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III materi membaca intensif. Langkah-langkah desainpengembangan video pembelajaran interaktif adalah: (1) Menentukan ide dan gagasan; (2) Menentukan materi dan isi video; (3) Membuat storyboard; (4) Menulis naskah; (5) Melakukan proses perekaman; dan (6) Melakukan proses editing. Hasil dari uji kelayakan ahli materi mendapat skor rata- rata 4 dan uji kelayakan ahli media mendapat skor rata-rata 3,29 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas mendapat skor rata-rata 3,76 dan uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 3,76 dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa, media video pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III di SDN Uma Beringin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024