Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Pengaruh Kartu Bergambar Berbantuan Video Terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Mengenal Bilangan Kelas I

Utami, Elsa Febiyanti (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)
Syahid, Aah Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar berbantuan video terhadap pemahaman siswa; untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvesional terhadap pemahaman siswa; dan perbedaan pengaruh media kartu bergambar berbantuan video dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman siswa. Pemahaman merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Ketika siswa telah memahami konsep matematika, maka siswa akan dengan mudah menyelesaikan masalah dalam pelajaran matematika. Pada materi pengenalan bilangan, meskipun sangat mendasar dan mudah, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal tersebut menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian dengan desain non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pretest-posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Instrumen nontes berupa observasi kinerja guru dan aktivitas siswa yang digunakan sebagai data pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan media kartu bergambar berbantuan video memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa. Begitupun pembelajaran konvensional, memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa. Namun demikian, perbedaan pengaruh media kartu bergambar berbantuan video dan pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa pengaruh media kartu bergambar berbantuan video lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Begitupun hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media kartu bergambar berbantuan video lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berbantuan video memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...