Pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi siswa menimbulkan paradigma baru dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber pengetahuan siswa dan berlanjut pada perkembangan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student-centered learning). Namun masih terdapat guru yang belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran, khususnya media digital, sehingga muncul kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan, terutama pada materi sistem tata surya dimana pembelajarannya bersifat abstrak dan sulit diamati secara langsung. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital dalam bentuk e-book untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas media yang telah dikembangkan serta melihat bagaimana dampak penggunaannya terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya. Penelitian menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Media ini melalui tahapan uji validasi bersama tiga ahli dan uji coba produk bersama 35 siswa kelas VI di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bandung untuk menguji kelayakan dan kepraktisan penggunaannya dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa media e-book sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, media e-book juga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai sistem tata surya.
Copyrights © 2025