Pendidikan menjadikan manusia untuk dapat berkembang lebih baik. Kurangnya kualitas pemahaman siswa dalam materi kerajaan di Indonesia yang salah satunya disebabkan pembelajaran yang kurang variatif. Maka dalam permasalahan ini, digunakan media pembelajaran Card Sort berbantuan video animasi dengan tujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang di hasilkan dari penerapan media pembelajaran Card Sort berbantuan video animasi pada siswa kelas IV materi kerajaan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain Non-equivalent Control Group Design. Jumlah partisipan yaitu 60 siswa dari dua sekolah yang berada di kecamatan Sumedang Utara. Data yang telah didapat diolah serta dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran di kelompok eksperimen. 2) Terdapat pengaruh signifikan pada pembelajaran di kelompok kontrol. 3) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi sehingga dikatakan pembelajaran lebih baik ketika menggunakan media Card Sort berbantuan video animasi.
Copyrights © 2025