ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 3 No 6 (2024): Anthor 2024

Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Perbedaan Agama

'Afuwah, Rifa (Unknown)
Purwandari, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Indonesia memiliki keberagaman budaya, agama, etnis, dan bahasa yang kaya, namun tantangan menjaga harmoni tetap ada, terutama dalam toleransi antaragama. Meskipun nilai toleransi sangat vital kehadirannya, banyak kasus intoleransi yang melibatkan generasi muda menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi sikap toleransi, khususnya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap pembentukan sikap toleransi siswa terhadap perbedaan agama.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap sikap toleransi siswa terhadap perbedaan agama, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Sumber data sekunder mencakup buku, artikel ilmiah, dan penelitian terdahulu yang relevan, yang dianalisis untuk mengidentifikasi kontribusi lingkungan keluarga dan sekolah dalam pembentukan sikap toleransi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  Lingkungan keluarga dan sekolah berperan penting dalam membentuk sikap toleransi siswa terhadap perbedaan agama. Keluarga mengajarkan nilai toleransi melalui pendidikan agama dan keteladanan orang tua, sementara sekolah memperkuatnya melalui kurikulum, kegiatan sosial, dan keteladanan guru. Sinergi antara keduanya menciptakan landasan yang kuat bagi siswa untuk menginternalisasi dan menerapkan nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024