Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 4 No 1 (2025): Volume 4 Nomor 1 Januari 2025

PERAN KUALITAS DAN PENGIRIMAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE DI KOTA JAMBI

Kadar, Melani (Unknown)
R, Mardiana (Unknown)
Hassandi, Irfan (Unknown)
Pasaribu, Johni Paul Karolus (Unknown)
suratno, Eddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan e-commerce di Kota Jambi. Dengan meningkatnya penggunaan e-commerce, kepuasan pelanggan menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 200 responden yang dipilih dari pengguna e-commerce di Jambi. Analisis data dilakukan dengan metode regresi untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai p-value 0,063 (>0,05). Sebaliknya, pengiriman memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien regresi 0,622 dan p-value sebesar 0,000 (<0,05). Dari hasil ini, disarankan agar pelaku e-commerce di Kota Jambi lebih memfokuskan pada aspek pengiriman yang cepat, aman, dan dapat diandalkan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata kunci : e-commerce, kepuasan pelanggan, kualitas produk, pengiriman

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumanage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal MANAGE merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Misi dari Jurnal MANAGE adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan ...