Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Vol. 15 No. 1 (2025): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)

PROJECT-BASED LEARNING SEBAGAI STRATEGI INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA

Jaya, Aswadi (Unknown)
Hartono, Rudi (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Yulianto, Henrikus Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Studi ini menyelidiki seberapa efektif pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan kepercayaan diri mereka dalam pembelajaran bahasa. Hasil analisis dari eksperimen yang dirancang dengan dua kelompok—kelompok eksperimen dan kontrol—menunjukkan bahwa siswa kelompok eksperimen lebih percaya diri pada diri mereka sendiri. Hasil angket juga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik dalam pengorganisasian ide dan kemampuan berbicara. Temuan ini diperkuat oleh observasi dan wawancara mendalam, yang menunjukkan bahwa latihan berbasis proyek mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dan lebih berani berbicara di depan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian ...