Jurnal Teknologi Kedirgantaraan (JTK)
Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Teknologi Kedirgantaraan

Analisis Numerik Perbandingan Variasi Desain Aluminium Foam Pada Crash Box Dengan Metode Elemen Hingga

Sahril Afandi S (Unknown)
Aprila Sakti K (Unknown)
Ruslan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Seiring penambahan jumlah kendaraan bermotor seperti mobil, kecelakaan terus meningkat. oleh karena itu, teknologi dibutuhkan untuk mengurangi terjadinya cedera pada penumpang. Crash box adalah salah satu teknologi pengaman yang secara luas digunakan saat ini. Crash box dipasang antara bumper dan chassis, dengan proses deformasi (progressive buckling) yang bertujuan untuk memberikan perlambatan ketika mobil tabrakan. sehingga, efek terhadap penumpang menjadi berkurang. Pada Tugas Akhir ini, dilakukan analisis tumbukan kuasi-statik pada tabung persegi berisi alumunium foam dan alumunium foam tanpa dinding dengan cara numerik. Simulasi numerik menggunakan perangkat lunak metode elemen hingga, Abaqus Explicit 3D. Simulasi dilakukan pada pemodelan dengan panjang sisi 0,055 m tabung luar dan 0,038 m tabung dalam, ketebalan 0,00115 m tabung luar dan 0,001 m tabung dalam dengan 0,18 m. Hasil output menunjukkan gaya terhadap waktu dan displacement terhadap waktu yang kemudian diolah menjadi harga mean crushing force yang berkaitan dengan penyerapan energi. Perbandingan harga mean crushing force pada model berupa aluminium foam saja sebesar 53,4% dan 80,7% untuk SWFF dan DWFF. Serta model yang paling efektif untuk digunakan pada kendaraan ialah DWFF dengan nilai CFE sebesar 81%. According to additional number of vehicle such as car, crash will always be increase. Therefore, technology is need for decrease occupant injury. Crash box is one of safety technology which is used widely today. Crash box is installed between bumper and chassis, with deformation process (progressive buckling) is for giving deceleration when car in crash. In this paper will be done quasi-static crash analysis on square column with aluminium foam filled and aluminium foam without square column by numeric analysis. Numeric simulation used finite element method software, Abaqus Explicit 3D. Simulation was done on model with 0.055 m wall outward dan 0.038 m wall inward, thickness 0.00115 m wall outward and 0.001 m wall inward, lenght 0.18 m. Final output indicated force to time and displacement to time and then calculated to get mean crushing force which related to energy absorption. Comparison of mean crushing force for aluminium foam with no square column is 53.4% and 80.7% for SWFF and DWFF. Then, model which effective for energy absorption (CFE) is DWFF with 81%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Engineering Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Jurnal Teknologi Kedirgantaraan (JTK) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan kajian analitis kritis bidang teknik penerbangan yang belum pernah dipublikasikan pada media lain. Adapun lingkup bahasan meliputi: propulsi, avionik, struktur, material pesawat terbang, pemeliharaan dan operasional ...