ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 5, No 2 (2024): September

PEMBERDAYAAN KOMUNITAS UMKM TEMBONG MELALUI PENGUATAN ASPEK KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL

Arianto, Bambang (Unknown)
Rahmiyanti, Sev (Unknown)
Handayani, Bekti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama ekonomi Indonesia yang masih menemui berbagai kendala dari sisi tata kelola manajemen keuangan dan pemasaran. Dalam pengabdian masyarakat di Kelurahan Tembong Kota Serang yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2023, telah diberikan pendampingan bagi komunitas UMKM melalui penguatan aspek keuangan dan pemasaran digital. Dalam pendampingan ini telah diberikan pengetahuan tentang pentingnya laporan keuangan sederhana bagi UMKM dan teknik pemasaran digital. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa pendampingan penyusunan laporan keuangan bisa memberikan kontribusi bagi perbaikan manajemen tata kelola UMKM. Sementara revitalisasi pemasaran digital melalui pemanfaatan media sosial dapat memperkuat aspek pemasaran bagi para pegiat komunitas UMKM. Keberhasilan kegiatan ini tampak dari para pegiat komunitas UMKM yang dapat mempergunakan pemasaran digital dan penyusunan laporan keuangan dengan baik. Para pegiat UMKM bisa memahami kebermanfaatan dari aspek keuangan dan pemasaran digital bagi penguatan bisnis UMKM di Kelurahan Tembong Kota Serang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdipraja

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu di antaranya: Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kedokteran Kesehatan Teknik Bahasa Ekonomi Sosial Humaniora Agama dan Filsafat Seni Desain dan ...