Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 8 No 1 (2025): Artikel Riset Januari 2025

Dampak Memorable Tourism Experiences terhadap Revisit Intention pada Kunjungan Wisata ke Bali

Wahdiniawati, Siti Annisa (Unknown)
Apriani, Ari (Unknown)
Perkasa, Didin Hikmah (Unknown)
Magito, Magito (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjadi sebuah solusi kepada objek wisata lain berdasarkan faktor memorable tourism experiences yang dapat mempengaruhi keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Sampel sebanyak 160 responden yang merupakan wisatawan yang minimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun terakhir pernah mengunjungi Bali sebagai pilihan destinasi wisatanya yang berdomisili di Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket dimana responden menjawab pertanyaan yang disusun dalam bentuk pilihan dan skala pertanyaan menggunakan skala likert. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dan alat analisisnya adalah SEM atau structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, memorable tourism experiences berpengaruh positif dan signifikan terhadap destination image, memorable tourism experiences berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, memorable tourism experiences berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. Hal ini memiliki implikasi yang signifikan bagi industri pariwisata di Indonesia, khususnya destinasi lain yang ingin meningkatkan kunjungan ulang. Strategi pengelolaan destinasi sebaiknya difokuskan pada meningkatkan kualitas pengalaman wisata dengan mempertimbangkan elemen-elemen yang telah teridentifikasi sebagai penentu utama pengalaman yang berkesan. Dalam hal ini, pelatihan bagi pelaku industri pariwisata dan penduduk lokal untuk meningkatkan layanan dan interaksi yang ramah, serta pengembangan program-program unik yang menarik bagi wisatawan dapat menjadi langkah yang efektif.

Copyrights © 2025