Jumlah industri genteng yang banyak di Kebumen membuat persaingan semakin ketat. Salah pelaku pada industri ini adalah Genteng Super Berkah Sokka Masinal yang mengalami fluktuasi penjualan di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi posisi dan daya saing perusahaan guna merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis SWOT dan Keunggulan Kompetitif Porter menjadi alat analisis utama dalam penelitian ini. Penelitian mendapatkan temuan bahwa perusahaan berada pada kwadran III dan menghadapi persaingan yang ketat. Strategi Weakness–Oppotunities (WO) merupakan pilihan strategi yang tepat sehingga perusahaan diharapkan memaksimalkan penerapan teknologi sebagai media pemasaran, bekerjasama dengan distributor, meningkatkan kompetensi pemasaran melalui pelatihan dari dinas terkait dan beraliansi strategis dengan sesame industri genteng. The large number of roof tile industries in Kebumen makes competition even tighter. One of the players in this industry is Sokka Masinal's Super Berkah Roof Tiles, which experiences sales fluctuations every year. This research aims to analyze the company's position and competitiveness in order to formulate appropriate strategies to increase sales and achieve competitive advantage. This research uses a qualitative approach where data is collected through observation and interviews. SWOT analysis and Porter's Competitive Advantage are the main analytical tools in this research. The research found that the company was in quadrant III and faced intense competition. The Weakness–Oppotunities (WO) strategy is the right strategy choice so that companies are expected to maximize the application of technology as a marketing medium, collaborate with distributors, increase marketing competence through training from related agencies and make strategic alliances with fellow roof tile industries.
Copyrights © 2024