Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 20 No 1: Januari 2025

Pengembangan Butir Soal Assesment Berbasis Aplikasi Kahoot! pada Pembelajaran PAI di UPT SMAN 5 Parepare : Development of Assessment Questions Based on the Kahoot! Application in Islamic Religious Education Learning at UPT SMAN 5 Parepare

Muh. Kasim (Unknown)
Buhaerah (Unknown)
Ahdar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot pada pembelajaran PAI sehingga dapat memudahkan dalam proses asessmen belajar dan terciptanya suasana yang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation) meliputi: (1) Tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Pengembangan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot yang telah dikembangkan dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media, serta uji coba kelayakan berdasarkan respon peserta didik kelas XI.2 UPT SMAN 5 Parepare sebanyak 31 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan butir soal asessmen pembelajaran berbasis aplikasi kahoot ini Valid, praktis dan efektif. Validasi ahli menunjukkan 82%. Kepraktisan bahan ajar ini ditunjukkan oleh presentase keterlaksanaan dan respon pengguna yang mencapai angka 92%. Adapun keefektifan pengembangan butir soal asessmen terlihat dari peningkatan hasil belajar, dengan 85% subjek uji coba mencapai KKM setelah menggunakan butir soal asessmen ini. Observasi aktivitas pengguna dan angket respon pengguna menujukkan presentasi 94% dan 98%. Dari hasil tersebut bahwa pengembangan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot dinilai valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2025