Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 20 No 1: Januari 2025

Integrasi Nilai Islam dalam Model Kurikulum Berbasis TIK Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model : Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model

Dawami (Unknown)
Sri Murhayati (Unknown)
Zaitun (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konsep kurikulum berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada mata kuliah Information and Communication Technology (ICT) di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai. Dalam era digital, penggunaan TIK menjadi esensial dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan keterampilan digital mahasiswa disamping sebagai upaya penting mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam diri setiap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kurikulum saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis TIK mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memperluas akses informasi, dan memperdalam pemahaman terhadap materi. Selain itu, model kurikulum yang dikembangkan juga menekankan pada penggunaan alat digital dan platform pembelajaran online, yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum perguruan tinggi berbasis TIK yang lebih adaptif dan relevan dengan tuntutan zaman serta menanam nilai-nilai islami dalam penggunaannya

Copyrights © 2025