Borneo Journal of Biology Education (BJBE)
Vol 6, No 2 (2024): Oktober

Instrumen Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi

Suciyati, Alfi (Unknown)
Agustin, Arumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Mahasiswa calon guru perlu memahami bagaimana mengukur tingkat literasi sains siswa. Pada kenyataannya, mahasiswa calon guru dan para guru masih banyak mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen literasi sains yang efektif, valid dan reliabel. Artikel ini bertujuan untuk memilih dan menelaah instrumen literasi sains yang telah dipublikasikan sebelumnya, dan menyajikannya agar lebih mudah dipahami dan diadaptasi oleh mahasiswa calon guru Biologi. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Kriteria inklusi antara lain: 1) hanya penelitian yang membahas mengenai hasil pengembangan dan uji instrumen literasi sains yang telah dinyatakan valid dan reliabel; 2) dalam artikel memuat aspek dan subaspek serta indikator penilaian literasi sains yang jelas dan rinci, sehingga memudahkan untuk diadaptasi. Berdasar hasil literature review, instrumen literasi sains yang dapat mudah dipahami dan diadaptasi oleh mahasiswa calon guru, terutama pada pembelajaran biologi yaitu Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) dan Scientific Literacy Assessment (SLA) 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Other

Description

Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. BJBE merupakan media publikasi ilmiah seperti gagasan, Kajian, dan hasil penelitian yang berkualitas terkait Biologi dan ...