Stres akademik adalah kondisi psikologis yang dialami individu akibat adanya tekanan atau tuntutan untuk memenuhi ekspektasi dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres akademik pada siswa kelas 6 Santi Witya Serong School, Provinsi Pattani, Negara Thailand Selatan. Jumlah responden penelitian sebanyak 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa (80%) berada dalam kategori stres akademik tinggi, sementara hasil lainnya, menunjukan, sebanyak 27% berada pada kategori rendah, dan 13% tergolong dalam kategori sangat tinggi. Temuan ini mencerminkan adanya perbedaan individu dalam mengelola stres akademik, di mana siswa dalam kategori rendah kemungkinan memiliki strategi coping yang efektif, sedangkan siswa dalam kategori sangat tinggi memerlukan perhatian khusus. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa dukungan dan intervensi dari lingkungan sekolah untuk mengurangi stres akademik pada siswa begitu penting dilakukan. Terutama bagi mereka yang berada dalam kategori sangat tinggi agar terwujud peningkatan kesejahteraan mental dan kinerja akademik yang lebih baik.
Copyrights © 2025