Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tuntutan dan harapan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas muncul sebagai pendorong utama untuk pengembangan kebijakan pendidikan baru. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan digunakan proses yang dinamis dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu terpadu dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui manajemen mutu yang efektif, madrasah harus mempertimbangkan konteks madrasah, yaitu proses pembelajaran dan pencapaian siswa. Efektivitas madrasah terdiri dari berbagai aspek, termasuk manajemen dan harapan madrasah, guru, tenaga kependidikan, personel lainnya, siswa, kurikulum, sarana prasarana, pengelolaan kelas, hubungan madrasah dengan masyarakatnya, dan pengelolaan bidang khusus lainnya. Hasil nyata mengacu pada hasil yang diharapkan, bahkan menunjukkan seberapa jauh atau sejauh mana hasil nyata dan yang diharapkan sebanding. Manajemen mutu yang baik mendukung terwujudnya Madrasah yang efektif.
Copyrights © 2024