: Pentingnya pendidikan yang efektif kian meningkat dalam era globalisasi dan teknologi maju. Heutagogi, sebagai pendekatan pembelajaran mandiri, menawarkan solusi untuk meningkatkan kemandirian dan kapabilitas belajar mahasiswa. Latar belakang pendekatan ini didasarkan pada kebutuhan akan model pendidikan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individu dalam masyarakat yang berubah cepat. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengukur efektivitas heutagogi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di STEBIS Bina Mandiri. Penelitian ini mengidentifikasi gap yang ada dalam literatur, yaitu kurangnya penelitian empiris yang mengkaji efektivitas heutagogi di institusi pendidikan Indonesia. Penerapan heutagogi dalam konteks pendidikan Indonesia, yang belum banyak diteliti. Metode yang digunakan meliputi survei dan analisis kualitatif dari data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Studi ini mengungkapkan bahwa heutagogi membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kritis dan reflektif yang penting untuk pembelajaran seumur hidup. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui pengalaman belajar yang lebih personal dan berpusat pada mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa heutagogi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di STEBIS Bina Mandiri. Implementasi heutagogi tidak hanya mendukung pencapaian akademik yang lebih baik, tetapi juga membina kemandirian belajar yang merupakan kompetensi penting di abad ke-21.
Copyrights © 2024