Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat berkontribusi dalam menciptakan kesempatan kerja serta menyuplai layanan ekonomi bagi masyarakat secara keseluruhan, berperan dalam proses distribusi yang lebih merata dan peningkatan pendapatan penduduk, mendorong perkembangan ekonomi di Desa Bojonggenteng, dan berkontribusi pada kestabilan negara. Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan taktik UMKM dalam memperkuat daya saing mereka lewat pemberian merek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe diskriptif. Metode purposive sampling digunakan untuk menemukan informan. Analisis data dilakukan dengan mengurangi dan menampilkan data, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM meningkatkan daya saingnya dari segi produktifitas: Penggunaan peralatan produksi yang sederhana dan tingkat pendidikan karyawan pada pelaku UMKM masih rendah meskipun mereka dapat menghasilkan produk berkualitas. Meskipun kualitas dari produk UMKM sudah baik, masih diperlukan peningkatan. Sesi Nilai: Harga dari produk yang dihasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) dapat diterima oleh masyarakat, dan proses pembeliannya pun mudah karena diterima oleh konsumen.
Copyrights © 2025