Perdamaian adalah fondasi utama bagi pembangunan masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan, guru memiliki peran strategis untuk menanamkan nilai-nilai perdamaian kepada generasi muda. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SDN 179 Pekanbaru, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang peran lembaga internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan UNICEF, dalam menjaga perdamaian dunia. Kegiatan ini meliputi seminar, diskusi kelompok, dan pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis nilai perdamaian. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai peran lembaga internasional serta kemampuan mereka mengintegrasikan nilai-nilai perdamaian ke dalam pembelajaran. Program ini diharapkan menjadi model untuk pengembangan pendidikan berkarakter yang mendukung terciptanya budaya damai di lingkungan sekolah dasar.
Copyrights © 2025