IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): 2025

Peran Pengurus Dan Ustadz Sebagai Pembimbing Dalam Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi Malang

Ishomuddin (Unknown)
M. Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Pendidikan karakter memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan moral dan kepribadian santri, khususnya dalam konteks pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana pengurus dan ustadz mempengaruhi perkembangan karakter santri melalui metode pengajaran yang berbasis pada nilai-nilai agama, dengan fokus pada pembentukan akhlak yang mulia, kedisiplinan, dan tanggung jawab, dan bagaimana pengurus dan ustadz memberikan teladan dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari santri, baik di dalam maupun di luar kegiatan belajar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, informan kunci dalam penelitian ini adalah ustadz dan ustadzah, sedangkan santri dijadikan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa peran pengurus dan ustadz di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 sangat krusial dalam membentuk karakter santri. Melalui metode pengajaran yang berbasis pada nilai-nilai agama Islam, pengurus dan ustadz tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga bertindak sebagai teladan yang memberikan bimbingan langsung dalam kehidupan sehari-hari santri. Mereka berperan aktif dalam menanamkan kedisiplinan, tanggung jawab, serta akhlak yang mulia, dengan mempraktikkan nilai-nilai tersebut melalui keteladanan dalam beribadah dan berinteraksi sosial. Selain itu, pengurus dan ustadz juga memberikan motivasi dan arahan untuk santri agar mereka mampu menjalani kehidupan yang seimbang antara ilmu agama dan pengetahuan umum

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...