Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 3 (2025): Januari

Pengembangan Target Pasar Dengan Strategi Digital Marketing dan Peningkatan Kualitas Produk UMKM Minuman Sehat Kurma di Desa Tawangsari

Lestari, Lilla Puji (Unknown)
Wiraswati, Mitha Otik (Unknown)
Huda, Faiz Miftahul (Unknown)
Maghfiroh, Isnaini Ramadhani Hayyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam kontribusi terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Nyatanya Pengabdian Kepada Masyrakat sebagai salah satu sektor yang di andalkan  untuk mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan secara menyeluruh karena sifatnya yang fleksibel dan merakyat. Namun, UMKM juga dihadapkan oleh beberapa kendala, antara lain administrasi, pemasaran dan berbagai hal lain, beberapa di karenakan keterbatasan informasi mengenai hal itu. Mitra UMKM Susu Kurma Umi Noer juga mengalami beberapa kendala terlebih mengenai keterbatasan informasi tentang digital marketing. Maka dari itu dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, kami kelompok 7 membantu mengedukasi pelaku usaha tentang strategi pemasaran digital marketing untuk memperluas target pasar, pentingnya branding suatu produk, perbaikan kualitas dan juga cara manajemen suatu usaha agar output yang dihasilkan lebih maksimal. Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi mengenai semua program kerja yang dilakukan, dan menunjukkan hasil peningkatan dari segi jumlah produksi, kualitas produk, meluasnya target pasar di pemasaran online, omset yang mengalami peningkatan secara signifikan, dan juga peningkatan pengetahuan dan ketrampilan SDM mitra UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...