Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK
Vol. 5 No. 1 (2025): Edisi Januari 2025

Pelatihan Canva Untuk Siswa SMK Sebagai Media Pembuatan Poster Edukatif

Harahap, Fitriana (Unknown)
Verina, Wiwi (Unknown)
Nasution, Nala Syakhiya (Unknown)
Sariangsah, Husin (Unknown)
Saragih, Nidia Enjelita (Unknown)
Adawiyah, Robiatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memiliki keterampilan desain grafis yang aplikatif, terutama dalam komunikasi visual. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam menggunakan Canva, sebuah platform desain grafis berbasis web, sebagai media pembuatan poster edukatif yang kreatif dan komunikatif. Metode pelatihan meliputi sesi pengenalan, praktik langsung, presentasi hasil karya, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam menggunakan fitur-fitur Canva, seperti pengaturan tata letak, pemilihan elemen visual, serta pengintegrasian pesan edukatif. Siswa mampu menghasilkan poster yang tidak hanya estetis tetapi juga efektif dalam menyampaikan informasi. Selain itu, pelatihan ini meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan ide kreatif. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan perbedaan tingkat pemahaman siswa menjadi perhatian yang perlu ditindaklanjuti. Dengan pendampingan berkelanjutan dan peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan ini berpotensi menjadi program yang mendukung pengembangan keterampilan siswa SMK secara berkelanjutan. Pelatihan Canva ini memberikan kontribusi nyata dalam membekali siswa dengan keterampilan desain grafis yang relevan di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adbimasiptek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal for publication of the results of Community Service Based on the Application of Science and Technology. The journal provides direct open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of ...