Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas dan efisiensi sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web yang telah diimplementasikan di SMKN 4 Gowa, (2) kendala dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan dan pemeliharaan sistem informasi tersebut serta bagaimana cara mengatasi atau meningkatkan kinerja sistem agar dapat lebih responsive dan dapat diandalkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMKN 4 Gowa. Instrumen yang digunakan berupa skala faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem informasi pengolahan data oleh guru, faktor yang mempengaruhi penerimaan guru terhadap sistem informasi pengolahan data, faktor yang mempengaruhi interaksi antara guru dan sistem informasi pengolahan data, dan nilai hasil belajar siswa berbasis web. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penelitian menunjukkan: (1) Implementasi sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa berbasis web di SMK Negeri 4 Gowa memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data, serta meningkatkan kualitas pendidikan, (2) Ada beberapa kendala dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan dan pemeliharaan sistem informasi. Keterbatasan infrastruktur teknologi seperti koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menghambat penggunaan sistem secara optimal. Selain itu, kurangnya pemahaman dan keterampilan pengguna juga menjadi kendala dalam memaksimalkan penggunaan sistem.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025