QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Strategi Pengembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar di Era Digital

Ivon Abdullah Nabil (Unknown)
Muhamad Hasan Bisri (Unknown)
Novanda Khoirul Umam (Unknown)
Muhammad Nofan Zulfahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat penting untuk menyesuaikan metode pembelajaran agar tetap sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan kognitif siswa sekolah dasar di era digital, dengan fokus pada bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun era digital memberikan dampak positif, seperti kemudahan akses informasi, terdapat pula risiko menurunnya konsentrasi karena gangguan dari media sosial dan game online. Rekomendasi strategi meliputi penerapan pembelajaran berbasis masalah dan diskusi kelompok, serta kerja sama antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kesimpulannya, pengembangan kognitif siswa sekolah dasar di era digital memerlukan pendekatan inovatif yang memanfaatkan teknologi secara efektif, sambil mengatasi tantangan yang ada.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...