QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa di Elsusi Meldina

Bunga Sari Siagian (Unknown)
Arlina (Unknown)
Nidia Luthfianti (Unknown)
Yasukma Amanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Pendidikan saat ini menghadapi tantangan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, interaktif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Snowball Throwing dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa di Elsusi Meldina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengajaran langsung pada siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui aktivitas kelompok yang melibatkan pembuatan pertanyaan, diskusi, dan lempar bola salju. Selain meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, metode ini juga melatih keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti kebutuhan waktu yang panjang, potensi gangguan di kelas, dan ketergantungan pada kompetensi ketua kelompok. Kesimpulannya, metode Snowball Throwing memberikan dampak positif pada partisipasi dan pemahaman siswa, dengan catatan bahwa guru perlu mengelola kelas secara efektif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...