Artikel ini ingin mengungkap pemahaman dosen dan persepsinya tentang representasi nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku teks perkuliahan. Partisipan terlibat dalam kegiatan grup diskusi terpusat (FGD), wawancara langsung, dan kuisioner. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat nilai moderasi beragama yang tercantum dalam buku teks secara tersurat maupun tersirat. Persepsi dosen juga menunjukkan bahwa empat indikator moderasi beragama sudah terinjeksi dalam buku teks perkuliahan yang digunakan oleh dosen. Dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi pemangku kebijakan untuk memberikan sosialisasi secara utuh tentang moderasi beragama kepada semua dosen. Sosialisasi yang fokus kepada empat indikator moderasi beragama tidak hanya fokus kepada toleransi antar umat beragama. Selain itu rekomendasi lainnya adalah adanya pelatihan pengembangan bahan ajar, buku ajar, yang memuat nilai-nilai moderasi beragama di dalamnya. Sehingga dosen dapat turut serta menyuarakan moderasi beragama melalui ruang kelas dan buku ajar perkuliahan.
Copyrights © 2024