Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 6 (2024): Desember 2024 - Januari 2025

HAKIKAT DAN DINAMIKA MANAJEMEN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS PENDIDIKAN MODERN YANG KOMPLEKS

Acep Rahmat (Unknown)
Rida Annisa (Unknown)
Adelia Andriyani (Unknown)
Aldi Nurmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Pendidikan modern menghadapi tantangan yang kompleks karena perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan meningkatnya ekspektasi terhadap kualitas pembelajaran. Manajemen pembelajaran merupakan kunci untuk memastikan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian ini berfokus pada empat hal, yaitu tantangan, hakikat manajemen, dinamika, dan strategi. Hasil pencarian artikel di berbagai laman (google scholar, sinta, dan sumber lainnya) diperoleh 43 artikel yang kemudian diseleksi berdasarkan kriteria tahun terbit dan pengindeksan artikel. Hasil penyaringan dan seleksi diperoleh 27 artikel yang menjadi bahan kajian literatur. Hasil dari artikel ini membahas tentang pentingnya integrasi teknologi, personalisasi pembelajaran, dan peran guru sebagai fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang responsif. Selain itu, artikel ini juga menyoroti tantangan seperti perubahan kurikulum yang cepat, sumber daya yang terbatas, dan kesenjangan digital yang mempengaruhi akses pendidikan. Dengan membangun kemitraan yang kuat antara sekolah, orang tua dan masyarakat serta menerapkan strategi yang inovatif, diharapkan kualitas pendidikan dapat ditingkatkan sehingga para siswa siap menghadapi tantangan di masa depan.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...