Teknologi informasi memainkan peran penting dalam operasional perusahaan, termasuk industri Internet Service Provider (ISP) seperti Dasarata. Namun, divisi sales perusahaan Dasarata masih menghadapi kendala dalam melakukan manajemen pelanggan. Sistem yang digunakan bergantung pada Google Sheets dan aplikasi pihak ketiga yaitu Google Maps yang tidak terintegrasi dengan baik. Akibatnya, proses manajemen pelanggan seperti menambahkan data prospek, data closing, dan memperbarui status phase pelanggan closing menjadi lambat. Input data pelanggan prospek membutuhkan 120 detik, data pelanggan closing 210 detik, dan memperbarui status phase pelanggan closing 70 detik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan aplikasi berbasis mobile yang mampu mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Waterfallyang terdiri atas serangkaian proses linear mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian sistem. Kemudian pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan metode pengujian User Acceptance Testing (UAT) dan uji waktu kinerja. Pengujian sistem menggunakan black box testing menunjukkan 16 kebutuhan fungsional valid (100%). Pengujian UAT mendapatkan rata-rata keseluruhan aspek 96,11% yang menunjukkan aplikasi sangat diterima oleh pengguna. Pengujian waktu kinerja menunjukkan bahwa durasi proses dengan metode lama yang semula 140.78 detik dapat disederhanakan menjadi 55.56 detik dengan menggunakan aplikasi. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi mampu meningkatkan efisiensi kerja divisi sales di lapangan.
Copyrights © 2025