Kronologi
Vol 7 No 1 (2025): Jurnal Kronologi

Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Melatih Berpikir Kronologis Siswa kelas X SMA N 13 Padang

Saputri, Tiara (Unknown)
Afriani, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan inovasi media pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana proses pengembangan media Timeline interaktif dan Menganalisis kelayakan media serta keefektifan belajar setelah penggunaan media Timeline. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model ADDIE. Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi media dan angket respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media Timeline interaktif sangat layak digunakan, dengan rata-rata penilaian validator 86%. Didukung dengan hasil angket respon guru dan peserta didik: kategori sangat praktis dengan persentase 100% dan 88,33% .Selain itu, efektifitas media Timeline diperoleh dari hasil wawancara bersama peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Timeline interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran Sejarah telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan ...