Jurnal Edumatika: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Matematika
Vol 1 No 1 (2024): Vol. 1 No. 1 Juli Tahun 2024

Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang

Zikrillah, Rizki (Unknown)
Umar, Fahkrullah I Tama (Unknown)
Sumarni, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika, guru mata pelajaran matematika cenderung memakai model konvensional sehingga proses pembelajaran menjadi monoton, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang sebanyak 240 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan sampelnya yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh yaitu: 1) hasil belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan terlihat dari rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 82,71 lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol 79,43; dan 2) Setelah dilakukan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu (1,86 > 1,66), hal ini menunjukkan H0 yang diajukan ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Fokus dan tema dari Jurnal Edumatika adalah Pendidikan dan Pengajaran, Teknologi Pendidikan, Filosofi Pendidikan Matematika, Psikologi Pendidikan Matematika, Pengajaran dan Pembelajaran Matematika, Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Matematika, dan Ilmu Matematika (aljabar, analisis, ...