JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 1 (2025)

OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS) DALAM KOMPETENSI TEKNIS

Rosada, Dadang (Unknown)
Yoseptry, Ricky (Unknown)
Suryanto, Asep (Unknown)
Trenggana, Sopian (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) memainkan peran strategis dalam mendukung kegiatan operasional pendidikan di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan peran serta fungsi TAS dalam penguasaan kompetensi teknis guna meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Pabuaran, Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi teknis TAS melalui pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), manajemen dokumen, dan pengelolaan data berbasis digital mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan administrasi sekolah. Selain itu, kemampuan teknis yang baik memungkinkan TAS untuk mendukung implementasi sistem informasi manajemen sekolah secara optimal, termasuk dalam aspek pengarsipan digital, pengelolaan data siswa, dan penyusunan laporan administrasi. Hambatan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu dan sumber daya pelatihan. Namun, solusi berupa pelatihan daring dan alokasi anggaran khusus untuk pengembangan kompetensi TAS memberikan hasil yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi peran TAS dapat mendukung pencapaian mutu pendidikan yang lebih baik sesuai dengan standar pendidikan nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...