Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning tema lingkunganterhadap hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 02 Riang Bandung. Metode penelitian ini adalaheksperimen Desain One Grup Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD Negeri02 Riang Bandung, sedangkan sampel penelitian berdasarkan sampling jenuh sebanyak 15 orang.Teknik pengumpulan data adalah tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasilpenelitian dengan rata-rata tes awal sebesar 55,40, sedangkan rata-rata tes akhir setelah diberikanpembelajaran model Project Based Learning di SD Negeri 02 Riang Bandung sebesar 75,33.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa nilai = 6,41 dan ttabel = 1,70. Ini menunjukkanbahwa thitung ttabel atau 6,41 > 1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Haditerima atau ada pengaruh model Project Based Learning tema lingkungan terhadap hasil belajar IPSkelas V SD Negeri 02 Riang Bandung.
Copyrights © 2024