Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar padasuatu lingkungan belajar di sekolah. Dengan latar belakang keadaan yang terjadi di sekolah, bahwapendidikan karakter masih menjadi target dan terus diimplementasikan yang terintegrias pada semuamata pelajaran. Dalam perkembangannya guru harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai karakterkepada peserta didik disaat pembelajaran berlangsung. Terutama pada mata pelajaran IPS di satuanpendidikan sekolah menegah pertama. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Sambasyang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPS berlangsung, mendapatkan informasi mengenaistrategi pembelajaran IPS tentang Tradisi Tenun Sambas dan mengetahui nilai karakter dalam TradisiTenun Sambas diajarkan pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategipembelajaran yang digunakan tergantung pada materinya. Guru melakukan inovasi pembelajarandengan berbagai macam strategi, yakni dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, modelpembelajaran pemecahan masalah. Guru sudah berusaha melakukan berbagai cara agar pelajaranIPS menjadi menarik salah satunya dengan pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan. Nilai-nilaikarakter yang muncul dari proses pembelajaran IPS, terwujudnya sikap peserta didik yangbertanggung jawab, teleran, jujur, disiplin, sopan dan melahirkan sikap gotong royong.
Copyrights © 2024