Jurnal Dieksis ID
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Pengaruh Pengunaan Metode Analisis Waktu Terhadap Peningkatan Keterampilan Kognitif dan Afektif Siswa pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Sahabuddin, Dewi Hardiyanti (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan metode analisis wacana terhadap keterampilan pemahaman membaca, analisis tekstual, penciptaan wacana, dan penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan model tes autentik dengan kelompok kontrol pre-test dan post-test untuk membandingkan prestasi akademik antara kelompok eksperimen yang menerapkan metode analisis wacana dalam pengajaran sastra dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tradisional. Selain itu, pendapat dan pandangan siswa mengenai penggunaan metode analisis wacana dalam pengajaran sastra juga dikumpulkan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan mean aritmatika, standar deviasi, frekuensi, serta uji t untuk sampel dependen dan independen. Pendapat siswa mengenai metode analisis wacana dikumpulkan melalui rekaman video yang kemudian ditranskrip dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan analisis isi. Kelompok belajar penelitian ini terdiri dari siswa kelas 11, dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, rekaman video, identifikasi siswa, dan observasi kelas, yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dieksis

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, ...