Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan metode analisis wacana terhadap keterampilan pemahaman membaca, analisis tekstual, penciptaan wacana, dan penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan model tes autentik dengan kelompok kontrol pre-test dan post-test untuk membandingkan prestasi akademik antara kelompok eksperimen yang menerapkan metode analisis wacana dalam pengajaran sastra dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tradisional. Selain itu, pendapat dan pandangan siswa mengenai penggunaan metode analisis wacana dalam pengajaran sastra juga dikumpulkan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan mean aritmatika, standar deviasi, frekuensi, serta uji t untuk sampel dependen dan independen. Pendapat siswa mengenai metode analisis wacana dikumpulkan melalui rekaman video yang kemudian ditranskrip dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan analisis isi. Kelompok belajar penelitian ini terdiri dari siswa kelas 11, dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, rekaman video, identifikasi siswa, dan observasi kelas, yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Copyrights © 2024