Jurnal Dieksis ID
Vol. 4 No. 2 (2024): Juli - Desember 2024

Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu

Hidayah, Hidayah (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Hasyim, St. Salmiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada upaya mengatasi rendahnya keterampilan literasi siswa di SMAN 9 Luwu, yang menjadi tantangan besar dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan relevan dengan konteks budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui modul ajar berbasis budaya Luwu, yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, seperti cerita rakyat, adat istiadat, dan kearifan lokal Luwu, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI SMAN 9 Luwu yang dipilih berdasarkan hasil observasi awal yang menunjukkan rendahnya kemampuan literasi siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, tes literasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar berbasis budaya lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Rata-rata nilai literasi siswa pada Sikus I berada pada angka 72, dengan 60% siswa (18 dari 30) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara 40% sisanya belum memenuhi target. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran tercatat mencapai 70%. Rata-rata nilai literasi siswa meningkat menjadi 78 pada Siklus II, dengan 80% siswa (24 dari 30) berhasil mencapai KKM, sementara 20% sisanya belum mencapai target. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga meningkat, dengan 85% siswa aktif berpartisipasi. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan penerapan modul ajar berbasis budaya Luwu dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa dan mendorong mereka untuk lebih terlibat dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dieksis

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, ...