Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 16 No 2 (2024): Juli 2024

Fenomena Campur Kode dalam Penggunaan Bahasa Melayu Jambi di Pasar Baru Kota Bangko

Nisa, Afrillia (Unknown)
Akhyaruddin, Akhyaruddin (Unknown)
Priyanto, Priyanto (Unknown)
Andiopenta, Andiopenta (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya fenomena penggunan campur kode bahasa Melayu Jambi yang dijumpai di pasar Baru Bangko. Tujuan dari penelitian ini berupa mengetahui bentuk, fungsi, dan bahasa etnis penyumbang campur kode dalam bahasa Melayu Jambi yang dijumpai di pasar Baru Bangko. Data penelitian berupa percakapan lisan pembeli ataupun penjual yang mengandung campur kode bahasa Melayu Jambi di Pasar Baru Bangko. Data diperoleh dengan teknis observasi, simak, rekam, catat, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi. Ada tiga tahapan yang dilalui dalam proses analisis berupa mereduksi data, menyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan teori. Hasil penelitian menemukan bentuk campur kode pada tataran kata sebanyak 30 data dan frasa sebanyak 4 data. Fungsi terjadinya campur kode yang ditemukan di pasar Baru Bangko meliputi fungsi menghormati lawan bicara, fungsi menanyakan sesuatu, dan fungsi menegaskan pembicaraan. Bahasa penyumbang campur kode bahasa Melayu Jambi meliputi bahasa Minangkabau sebanyak 20 data, bahasa Jawa sebanyak 11 data, dan bahasa Batak sebanyak 3 data.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...