Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 17 No 1 (2025): Januari 2025

Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Etnosains sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis

Zahrotin, Anis (Unknown)
Ali Putra, Army Al Islami (Unknown)
Rohmani, Lucky Amatur (Unknown)
Widyawati, Ratna Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran etnosains diyakini dapat menumbuhkan sikap berpikir kritis siswa melalui sikap ilmiah yang mereka terapkan selama proses pembelajaran. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis etnosains sebagai upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis dengan mengumpulkan 8 artikel ilmiah yang bersumber dari Google Scholar dan Portal Garuda pada rentang tahun 2017-2024. Analisis artikel dilakukan dengan melihat tingkat literasi sains melalui kegiatan pretest dan posttes. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan metode konvensional, sebagaimana terlihat dari kenaikan skor posttes di kelas eksperimen. Efektivitas pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan bahwa nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pembelajaran berbasis etnosains menunjukkan tingkat efektivitas sedang hingga tinggi, dengan gain terbesar sebesar 0,67. Faktor yang berkontribusi pada keberhasilan ini termasuk relevansi materi dengan konteks budaya siswa, peningkatan motivasi belajar, serta penggunaan modul berbasis etnosains yang dirancang dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...