Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 8 No. 1 (2025): January-April 2025

Bagaimana Peran & Dampak Youtube dan Tiktok bagi Siswa Sekolah Dasar?

Nugrahani, Winda Fenny (Unknown)
Abduh , Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran YouTube dan TikTok dalam pengembangan keterampilan kognitif siswa sekolah dasar. Dengan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menemukan bahwa meskipun media sosial memiliki risiko paparan konten negatif, platform seperti YouTube dan TikTok dapat memberikan manfaat besar dalam pembelajaran mandiri yang interaktif dan visual. Media sosial ini mampu meningkatkan motivasi, berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Namun, peran pendidik dan orang tua sangat penting untuk mengarahkan penggunaan media sosial agar memberikan dampak positif. Temuan ini menyarankan perlunya pengembangan strategi pedagogis inovatif yang memanfaatkan media sosial secara efektif untuk mendukung perkembangan kognitif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...