Journal of Digital Community Services
Vol. 2 No. 1 (2025): January

Optimalisasi Peran MGBK dalam mencegah Intoleransi dan Perundungan: Kajian Penerapan Sistem Dukungan Bertingkat pada Layanan Bimbingan dan Konseling

Hartatik, Maria Theresia Sri (Unknown)
Wibowo, Mungin Eddy (Unknown)
Sunawan, Sunawan (Unknown)
Muslikah, Muslikah (Unknown)
Mahfud, Ashari (Unknown)
Hilman, Najma Sana Nadhirah (Unknown)
Kunwijaya, Indrajati (Unknown)
Rahmawati, Adinuringtiyas Herfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Perundungan dan intoleransi di lingkungan sekolah merupakan masalah serius yang memerlukan penanganan komprehensif. Penelitian menunjukkan bahwa 45% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan, dengan kelompok minoritas dan siswa dari latar belakang sosial ekonomi rendah lebih rentan menjadi korban. Artikel ini melaporkan hasil program pengabdian masyarakat yang bertujuan mengoptimalkan peran Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kota Semarang dalam mencegah intoleransi dan perundungan melalui penerapan Sistem Dukungan Bertingkat dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Program ini melibatkan serangkaian kegiatan terstruktur, termasuk analisis kebutuhan, penyusunan panduan, sosialisasi, pelatihan intensif, dan pendampingan implementasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru BK dalam menerapkan Sistem Dukungan Bertingkat. Terbentuknya jaringan kolaborasi antar guru BK dan penyusunan rencana aksi yang komprehensif menandakan kesiapan untuk implementasi efektif di sekolah masing-masing. Evaluasi program menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dan komitmen guru BK dalam mencegah kasus intoleransi dan perundungan. Pengembangan modul pelatihan dan kumpulan studi kasus menjadi aset berharga untuk keberlanjutan dan replikasi program. Kesimpulannya, program ini berhasil membangun fondasi yang kuat untuk perubahan sistemik dalam penanganan masalah intoleransi dan perundungan di sekolah-sekolah SMA Kota Semarang, dengan potensi dampak positif jangka panjang pada iklim sekolah dan kesejahteraan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dcs

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Digital Community Services di terbitkan oleh Institute Of Advanced Knowledge and Science yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan pengetahuan, teknologi dan implementasi berbagai bidang ilmu umum (multidisiplin) diantaranya ...