Konstruksi makna pada karya sastra populer, Harry Potter mengandalkan seleksi kalimat, perbendaharaan kata, gramatika atau kombinasi kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah konstruksi makna yang muncul pada kalimat dan wacana novel Harry Potter yang berkaitan dengan konsep pendidikan praktik sosiokultural. Metode penelitian ini adalah analisis wacana. Unit analisis pada penelitian ini adalah korpus-korpus berbentuk wacana yang berhubungan dengan pesan-pesan dalam suatu media dalam hal ini novel Harry Potter seri pertama dan kedua yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dilakukan identifikasi terhadap pesan dan media yang mengantarkan pesan itu. Analisis wacana didahului dengan melakukan koding retorika dan kalimat yang muncul dalam komunikasi. Wawasan Pedagogis dalam Sastra Fantasi, Wawasan Pedagogis dalam Sastra Fantasi, Integritas Simbol Kekuatan Analogi Konflik Kebangsaan, Komersialisasi Produk Budaya, Glokalisasi Produk Budaya Melalui Penerjemahan, Fiksi Penggemar (Fanfiction). Konstruksi kreatif pada wacana dan dampak yang muncul dapat mewakili tentang fenomena sosial yang kerap timbul di masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024