Kualitas pendidikan secara signifikan dipengaruhi oleh praktik manajemen siswa yang efektif yang memenuhi kebutuhan akademik dan non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip manajemen siswa yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggunakan metodologi tinjauan literatur sistematis (SLR) berdasarkan pedoman PRISMA. Sebanyak 10 jurnal akademik dari Lens.org dianalisis, dengan fokus pada tema-tema seperti dukungan akademik, disiplin, keterlibatan ekstrakurikuler, dan keterlibatan orang tua. Temuan tersebut mengungkapkan lima prinsip utama: kebijakan penerimaan siswa baru yang inklusif, program bimbingan yang komprehensif, kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur, partisipasi aktif orang tua, dan pemantauan kinerja akademik yang berkelanjutan. Prinsip-prinsip ini secara kolektif menumbuhkan lingkungan belajar yang mendukung, meningkatkan keterlibatan siswa, dan meningkatkan hasil pendidikan. Penelitian ini berkontribusi pada bidang tersebut dengan menyintesis literatur yang ada dan memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi pembuat kebijakan pendidikan dan administrator sekolah. Penelitian di masa depan direkomendasikan untuk mengeksplorasi penerapan prinsip-prinsip ini dalam berbagai pengaturan pendidikan dan dampaknya terhadap tujuan pendidikan jangka panjang.
Copyrights © 2025