Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 17, No 1 (2025): Januari 2025

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA DARUL IHSAN PONTIANAK TIMUR

Yanti, Sri (Unknown)
Martono, Martono (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampauan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dan tergolong penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian peneliti (researcher) merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik. Pada siklus pertama penilaian rencana pelaksanaan membaca permulaan dengan presentase rata - rata  56,25 % pada siklus kedua dengan presentase rata - rata   68,75 % dan pada siklus ketiga mencapai presntase rata - rata  85%. Pada siklus awal  peneliti (researcher) dalam melaksanakan pembelajaran membaca permulaan  dengan presentase   rata-rata 49,5 % pada siklus tahap dua  presentase  rata-rata  68 % dan pada siklus yang terakhir  presentase  mencapai 84,3 %. Peningkatan kempuan membaca permulaan peserta didik pada siklus pertama diperoleh presentase   rata-rata 58%, pada siklus kedua diperoleh presentase  rata-rata 97 % dan pada siklus ketiga  peningkatan kemampuan membaca pemulaan peserta didik diperoleh presentase  rata-rata 97 %. Dengan demikian hasil kesimpulan yang bisa di sajikan kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan dengan penelitian tindakan kelas pada membaca permulaan dengan menerapkan media gambar dikarenakan maedia gambar sebagai langkah dasar untuk peserta didik mau membuka jendela pendidikan masa depan yang lebih baik.         Kata Kunci: Kempuan Membaca Permulaan dengan Media Gambar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...