Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampauan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dan tergolong penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian peneliti (researcher) merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik. Pada siklus pertama penilaian rencana pelaksanaan membaca permulaan dengan presentase rata - rata 56,25 % pada siklus kedua dengan presentase rata - rata 68,75 % dan pada siklus ketiga mencapai presntase rata - rata 85%. Pada siklus awal peneliti (researcher) dalam melaksanakan pembelajaran membaca permulaan dengan presentase rata-rata 49,5 % pada siklus tahap dua presentase rata-rata 68 % dan pada siklus yang terakhir presentase mencapai 84,3 %. Peningkatan kempuan membaca permulaan peserta didik pada siklus pertama diperoleh presentase rata-rata 58%, pada siklus kedua diperoleh presentase rata-rata 97 % dan pada siklus ketiga peningkatan kemampuan membaca pemulaan peserta didik diperoleh presentase rata-rata 97 %. Dengan demikian hasil kesimpulan yang bisa di sajikan kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan dengan penelitian tindakan kelas pada membaca permulaan dengan menerapkan media gambar dikarenakan maedia gambar sebagai langkah dasar untuk peserta didik mau membuka jendela pendidikan masa depan yang lebih baik. Kata Kunci: Kempuan Membaca Permulaan dengan Media Gambar
Copyrights © 2025