Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai rantai makanan di kelas V UPT SPF SD Negeri Tidung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi proses dan hasil belajar. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas V, 12 laki-laki dan 16 perempuan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik (B), sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa dikategorikan cukup (C). Di siklus II, aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi baik sekali (A), dan ketuntasan hasil belajar juga meningkat menjadi baik sekali (A). Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam proses dan hasil belajar siswa kelas V setelah penerapan model PjBL.
Copyrights © 2025